struktur switch case pada php

Struktur switch case pada php

struktur switch case pada phpPada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang struktur switch case pada php. Switch merupakan bentuk struktur kontrol yang digunakan untuk menyederhanakan if else atau pun bentuk elseif. Pada bentuk swtich ini digunakan untuk mengganti seurutan pemeriksaan if pada suatu hasil ekspresi dengan beberapa nilai.

Jadi, pada dasar nya cara kerja if dan switch di dalam php adalah sama, yaitu sama sama struktur kontrol yang tergolong dalam pemilihan. Namun kedua struktur kontrol tersebut memiliki cara atau struktur code yang berbeda. Struktur yang ada di switch case lebih sederhana dari struktur yang ada di if else, dalam struktur if else ketika kita membuat banyak ekspresi maka banyak pula blok code yang akan kita buat. Berbeda halnya dengan switch case kita bisa membuat banyak ekspresi hanya dalam satu blok code saja.

Di dalam penerapanya switch case ada istilah yang digunakan yaitu ada case,default, dan break. Case adalah yang digunakan untuk pengecekan ekspresi di dalam switch. Selenjutnya adalah default, default adalah nilai yang di berikan ketika saat meng case ekspresi tidak ada yang sama atau pun benar. Yang terakhir adalah break, break merupakan perintah untuk keluar dari suatu blok code. Untuk memperjelas dibawah ini merupakan struktur switch case

Struktur kontrol switch digunakan untuk mengevaluasi suatu ekspresi dengan kemungkinan banyak nilai dan banyak perintah yang harus dieksekusi berdasarkan ekspresi dan nilainya.Pada struktur yang ada diatas, perintah default dan break tidak mesti ada, tergantung dari kebutuhan saja.

Penerapan switch case pada php

Untuk memperjelas pembahasan yang telah di uraikan diatas kita akan terapkan switch case kedalam contoh yang sederhana. Sebelumnya seperti biasa buat file dengan nama switch_case.php terlebih dahulu atau dengan nama berbeda juga tidak masalah asalkan ekstensinya masih php.

Contoh program kita kali ini adalah membuat nama bulan yang ada di Indonesia,let’s code

Penjelasan dari contoh code switch case diatas, yang pertama kita atur terlebih dahulu waktu agar sesuai dengan di Indonesia. Fungsi yang dijalan kan adalah

penjelasan lengkap mengenai timezone ada disini. Selenjutnya kita ambil bulan sekarang kemudian di tampung di dalam variabel $date, fungsi yang di jalankan adalah

fungsi date(‘m’) diatas adalah mengambil bulan (mount) sesuai dengan waktu ketika fungsi ini dijalankan, nilai yang di kembalikan berupa bilangan integer. Nah berati variabel $data diatas sekarang memiliki nilai yang di isi sesuai bulan sekarang dan variabel tersebut yang kita gunakan untuk pencocokan dalam switch, misalnya nilai variabel $data nilai nya adalah 1, maka output program switch_case.php diatas adalah Januari. Tertarik untuk mencobanya secara online? copy code diatas lalu pastekan disini kemudian di run, lihat hasilnya.

Posted in: php

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *