Hapus data di database menggunakan php

Hapus data di database menggunakan php

Hapus data di database menggunakan php ini merupakan lanjutan dari menapilkan dan edit data di database menggunakan php. Bagi yang belum mengikuti tutorial sebelumnya mengenai cara menampilkan data dengan php dan edit data menggunakan php ada baik nya mengikuti nya terebih dahulu agar nantinya tidak bingung dalam melakukan delete data nya, karena perintah-perintah sql yang sebelum dibahas di terapkan lagi pada pembahasan ini. 

hapus data di database menggunakan php
Untuk melakukan hapus database dengan php tentunya harus memahai terlebih dahulu perintah sql untuk delete data, berikut sql untuk melakukan delete data

Diatas merupakan perintah untuk melakukan penghapusan data di database, sama seperti penjelasan sebelum nya mengenai edit data menggunakan php yang memerlukan kata kunci untuk mencari di data yang mana untuk di ubah agar hanya data tertentu saja, begitu juga halnya dengan delete data ini primary key atau kata kunci dari subah data sangat diperlukan karena diengan menambahkan primary key ini hanya data tertentu saja yang terhapus. Lalu bagaimana implementasi mengahpus data dengan php? simak penjelasan berikut.

Menghapus data dengan php

Pada tutorial mengenai cara menampilkan data dengan php kita sudah menabahkan link untuk menuju hapus data, dimana link tersebut mengirimkan paramater yang berupa primary key dari data yang di tampilkan, seperti penjelasan diatas primary key itu nanti digunakan untuk menghapus data yang memiliki primary key yang dikirim melalui link delete.php, coba lihat halaman tampil data yang kita buat sebelum nya dan lihat pada code berikut ini.

diatas merupakan link untuk melakukan hapus data yang mengirim kan parameter nim sebagai atribut primary key nya. Dan di link tersebut sudah ditambahkan javascript sederhana yang berfungsi memeberikan peringatan saat tombolnya di kilk, selanjut nya kita buat script hapus.php nya, berikut code untuk halaman hapus datanya.
Disini saya tidak akan menjelaskan lagi mengnai config.php dan isset karna sudah dibahas di post sebelumnya,coba perhatikan varibe $sql dimana disini lah kita melakukan hapus data dengan php, untuk hapus data ini sangat simpel dari tutorial sebelum nya, dan jika query berhasil di jalanakan maka akan mumunculkan alert seperti pada gambar di bawah ini
delete data dengan php
setelah di klik ok pada alert tersebut maka akan lagsung di redirect ke halaman index.php yang berisi halaman tampil data dari database, sekian pembahasan kita mengenai hapus data di database menggunakan php dan jangan lupa untuk selalu mengecek daftar isi dari serba ngoding untuk update tutorial terbaru.

Posted in: php

0 Replies to “Hapus data di database menggunakan php”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *