Belajar php dasar: Kondisi if dan else pada php

Kondisi if else pada php

Sederhananya kondisi if else pada php adalah untuk pengecekan kode dengan menggunakan jika dan hanya jika. Struktur if merupakan struktur kontrol yang digunakan untuk pemeriksaan apakah setiap perintah yang ada di dalam blok dikerjakan atau tidak.

Kondisi if else pada php

Perintah yang di kerjakan dalam pengkondisian if apabila ekspresi yang dikerjakan menghasilkan nilai benar (true). Lalu apakah sebenar inya if dan else itu? if dan else merupakan struktur kontrol yang ada di dalam php yang tergolong kedalam pemilihan, if mengecek dahulu nilai yang dihasilkan dalam ekspresi if jika nilai true atau benar maka program akan dijalankan, lalu bagaimana kalau eksepresi if yang di gunakan menghasilkan nilai false atau salah? di sini lah peran else dijalankan, kondisi else merupakan bagian dari if yang dikerjakan jika kondisi if bernilai salah.

Mengenal kondisi if else di php

Sesuai yang di jelaskan bahwa if else melakukan pengecekan terhadap kode sebelum dijalankan, berikut adalah format penulisan if else dalam php

Diatas merupkan dasar pengkondian if else yang ada di php, sekarang kita akan terapkan pengkondisian if else ke dalam contoh sederhana. Sekarang anda buat dahulu file php dengan nama kondisi_if_else.php atau nama lain nya juga tidak masalah. Tulis kode di bawah ini

Diatas merupakan contoh yang sangat sederhana dalam penerapan if else. Coba anda tebak apa output dari program diatas? output program diatas adalah ‘kenyang’ mengapa demikian, karena kondisi if diatas adalah bernilai benar disebabkan value dari $makan itu sama dengan string makan sehingga menghasilkan nilai true, kondisi if else ini erat kaitanya dengan operator perbandingan dan logika, untuk pemahaman mendalam silahkan pahami di sini mengenai operator tersebut. Anda bisa mencoba source code diatas di sini.

Mengenal if dan elseif pada php

Dari pembahasan diatas kita hanya menggunakan dua pengkondisian saja, lalu bagai mana jika kondisi yang ingin gunakan lebih dari tiga? nah jika dihadapkan dengan masalah seperti itu elseif menjadi solusinya. Dengan menggunakan elseif kita bisa menggunakan banyak kondisi dalam php. Struktur dasar penulisan if dan elseif ini seperti di bawah ini.

nah contoh diatas adalah struktur dasar nya, bagaimana kalau kita terapkan langsung di programnya. Seperti biasa buat terlebih dahulu file php dengan nama kondisi_if_elseif.php atau nama lain nya juga tidak masalah. Tulis kode di bawah ini

nah  diatas adalah contoh sederhana  penggunaan if dan elseif, contoh diatas menentukan output keluaran nilai yang di dapat dengan nilai rentang tertentu, misal untuk Nilai A rentang nilainya adalah 80 sampai 100, begitu juga seterusnya. Untuk Mencobanya silahkan ganti value untuk variabel $nilai kemudian jalankan.

Posted in: php

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *