Manipulasi array dalam php

Manipulasi array dalam php merupakan proses pada isi array seperti melakukan perubahan atau penukaran isi, Manipulasi ini dapat dilakukan seperti melakukan assignment. Sebelum lebih lanjut pembahasan silahkan pahami array terlebih dahulu disini.

Manipulasi array dalam php
Manipulasi array dalam php

Dalam manipulasi sebuah array ada beberapa fungsi yang dapat digunakan untuk manipulasi data yang di simpan dalam array. Perhatikansource dibawah ini

Contoh diatas menunjukan bahwa kini isi dari array $php sudah di manipulasi sudah atau isinya sudah diganti, pada awalnya array $php yang berindex ke dua ($php[1]) awalnya berisi sebuah string yaitu ‘Ngoding’, pada baris terakhir kode $php[1] = $php[0], menunujukan bahwa isi dari array index ke 2 diganti dengan index ke 1 ($php[0]), sehigga ketika pada ditambahkan fungsi echo $php[1] di akhir code maka hasilnya adalah  sebuah string yaitu ‘Ngoding’, untuk mencobanya anda bisa klik disini.

Operator untuk manipulasi array dalam php

Dari contoh diatas operator yang sering digunakan adalah operator assignment, namun operator lainnya juga bisa digunakan seperti operator penghubung string.

Contoh operator penghubung string ada di baris ke 4 pada kode diatas, untuk operator lengkapnya ada disini.

Menampilkan isi array

Dari postingan sebelum nya kita sudah belajar cara menampilkan array dengan salah satu fungsi echo yang ada di dalam pemrograman php. Cara menampilkan isi sebuah array pada pemrograman php pada dasarnya sama dengan menampilkan sebuah variabel

Akan tetapi untuk menampilkan isi sebuah array harus disertakan nomor elemen dari array yang ingin di tampilkan, contoh sederhana:

untuk contoh lengkapnya ada seperti di bawah ini, dan jangan lupa di jalankan

selain menggunakan fungsi echo anda juga bisa menggunakan fungsi var_dump yang ada di php untuk menampilkan array

untuk caranya agak sedikit berbeda dengan fungsi echo, jika di echo nomor elemen di ikutkan dalam array nya,untuk var_dump cukup dengan varabelnya saja, contoh pada script diatas ganti fungsi echo yang ada menjadi seperti di bawah ini lalu jalankan.

 

penerapan array akan sangat di perlukan ketika nanti kita sudah melakukan crud didalam php, jadi silahkan tunggu untuk artikel-artikel selanjutnya, sekian dulu pembahasan kali ini, sekedar mengingatkan jangan lupa untuk subscribe channel serba ngoding ya..

Posted in: php

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *