Membuat login dengan php

Membuat login dengan php

Membuat login dengan php artinya membuat hak akses kesebuah halaman website agar tidak bisa diakses sembarangan user. Login sangat diperlukan untuk keamanan website tertentu artinya tidak semua website melakukan login terlebih dahulu sebelum diakses secara penuh. Salah satu contoh website yang memerlukan login terlebih dahulu sebelum diakses adalah facebook.

Membuat login dengan php

seperti yang kita ketahui pada tutorial sebelum-sebelum nya kita melakukan select, insert, update,dan delete tanpa harus login terlebih dahulu artinya siapa saja bebas untuk melakukan crud pada website kita. Jadi pada tutorial kali ini kita akan melakukan sedikit perubahan dari tutorial yang ada sebelumnya dengan menambahkan login kedalamnya.

sederhananya seperti ini, jika user belum login makan user tersebut tidak bisa untuk mengakses halaman index dan begitu juga sebaliknya. Ini dapat kita gunakan dengan pemanfaatan session pada php.
Session  adalah cara untuk menyimpan informasi (dalam variabel) untuk digunakan di beberapa halaman. Session sering juga di sebut sebagai penyimpanan di server yang di gunakan selama browser tidak di close atau ditutup dan logout dari website maka session tersebut akan selalu tersimpan di dalam browser, lalu bagaimana implementasi nya menggunakan php?

Implementasi session dalam login

Pada tutorial kali ini kita akan menggunakan index.php yang ada pada tutorial membuat pagination dengan php, dan menggunakan design pada tutorial membuat form login dengan html. Nah selanjutnya kita akan membuat login nya terlebih dahulu untuk source code nya silahkan ikuti dibawah ini:

Pada source code diatas perhatikan bagian action pada form yang dibuat, dimana ketika form tersebut di eksekusi atau dikirim menggunakan php akan di proses pada halamana proses-login.php, maka dari itu buat terlebih dahulu halaman proses-login.php nya kemudian ikuti source code dibawah ini:

Sampai disini kita sudah bisa melakukan login, namun  ini tidak akan berjalan jika belum mengikuti tutorial membuat register dengan php. Dan sedikit penjelasan mengenai source code proses-login.php diatas, namun tidak membahas nya secara menyeluruh karena sudah dibahas sebelumnya. Jadi yang akan di bahas adalah bagian yang penting dari source code diatas

Penjelasan membuat login di php

Didalam pembuatan login kita menerapkan kembali pembelajaran sebelumnya mengenai menampilkan data tertentu di dalam php jika teman teman lupa boleh membacanya kembali. Source code diatas mengambil data yang sesuai dengan inputan yaitu password dan username, setelah data diambil kemudian di pecah menjadi array asosiatif dan dicek apakah data yang diambil ada atau tidak. pengecekan ini menggunakan mysql_num_rows() jika menghasilkan nilai 1 maka akan membuat $_SESSION[‘id’] dimana nilai yang dimasukkan adalah data yang telah dipecah kedalam array asosiatif tadi dan kemudian barulah halaman index.php bisa di akses, source code pada bagian ini adalah sebagai berikut:

 

Posted in: php

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *