Pengertian Javascript

Pengertian Javascript

Pengertian Javascript
Coba perhatikan gambar di atas, mungkin teman-teman saat mengunjungi sebuah halaman web pernah menemukan pesan seperti gambar diatas, entah itu saat selesai mengisi sebuah form html, atau pun sekedar peringatan biasa? Gambar diatas merupakan sebuah contoh sederhana penggunaan javascript, lalu apa kah Javascript itu?
Javascript merupakan sebuah bahasa pemrograman yang basis nya adalah client side programming language, artinya setiap kode program yang di tulis di eksekusi oleh client, seperti web browser. Bahasa pemrograman client side  berbeda dengan server side yang setiap baris kode program di eksekusi oleh server, bahasa pemrograman php misal nya.

Perbedaan html, css, dan javascript

Misalkan pada manusia html di representasikan sebagai kerangka tubuh, seperti tengkorak dan organ lainnya, sedangkan css  pembungkus dari organ tersebut sehingga lebih indah, dan javascript di representasikan sebagai aktivitas-akitivitas manusia, seperti menggerakkan tangan, berjalan dan lain sebagainya.

Fungsi pemrograman javascript

Pada awalnya javascript di buat sebagai interaksi antara user dan halaman web agar lebih cepat tanpa harus di eksekusi di server dimana sebelum nya setiap interaksi dari user harus di eksekusi di server terlebih dahulu, contoh sederhana penggunaan javascript adalah saat user melakukan pengisian sebuah form javascript dapat langsung memvalidasi form tersebut apakah kosong atau tidak tanpa harus di load di server lagi sehingga mengemat dari segi waktu.
Seiring berjalannya waktu JavaScript tidak hanya berguna untuk validasi form, namun untuk berbagai keperluan yang lebih modern. Berbagai animasi untuk mempercantik halaman web, fitur chatting, efek-efek modern, games, semuanya bisa dibuat menggunakan JavaScript. Akan tetapi karena sifatnya yang dijalankan di sisi client yakni di dalam web browser yang digunakan oleh pengunjung situs, user sepenuhnya dapat mengontrol eksekusi JavaScript. Hampir semua web browser menyediakan fasilitas untuk mematikan JavaScript, atau bahkan mengubah kode JavaScript yang ada. Sehingga kita tidak bisa bergantung sepenuhnya kepada JavaScript.

Persiapan Belajar Javascript

Dalam melakukan suatu aktivitas tentunya kita harus melakukan persiapan terlebih dahulu agar aktivitas yang kita lakukan berjalan lancar, begitu halnya dengan belajar pemrograman dalam hal ini pemrograman javascript. 
Untuk belajar pemrograman javascript ini kita tentunya melakukan beberapa persiapan terlebih dahulu, hal apa saja yang di siapkan dalam belajar javascript adalah sebagai berikut:
– text editor
Setiap pemrograman pastinya memerlukan text editor untuk menulis setiap kode program termasuk juga dengan javascript, text editor yang digunakan cukup beragam seperti notepad++, sublime text, visual studio code bahkan notepad bawaan windows juga bisa digunakan sebagai text editor nya dan masih banyak lagi text editor lainnya.
– browser
Dalam hal ini browser berfungsi sebagai alat untuk menjalankan kode javascript yang telah di tulis di text editor, untuk browser nya juga banyak pilihan seperti google chrome, firefox , safari dan lain sebagai nya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *