Update data dengan php

Update data dengan php

Update data dengan php ini merupakan seri lanjutan dari insert data ke database dan juga menampilkan data dari database dengan php jadi jika belum mengikuti tutorial-tutorial sebelumnya silahkan ikuti terlebih dahulu untuk mengecek nya silahkan pergi ke halaman daftar isi Serba Noding. Update data merupakan proses pembaharuan data dalam database jika ada perubahan-perubahan tertentu dalam database, proses update data ini memerlukan kata kunci atau yang disebut primary key yang mana mengenai primary key sudah dibasa pada tutorial sebelumny mengenai cara menampilkan data dari database dengan php.

update data menggunakan php


Primary key nantinya akan digunakan untuk menentukan data atau record mana yang ingin di perbaharui sehingga ketika update hanya dengan yang mempunyai primary key tertentu yang berubah. Jika tidak menggunakan primary key ini kemungkinan seluruh data yang ada dalam database akan ikut berubah semuanya, padahal yang di inginkan hanya merubah satu data saja, untuk itu disini lah fungsi primary key digunakan. Sebelum melakukan proses update data menggunakan php sebaik nya memahami terlebih dahulu perintah sql untuk melakukan update data, Lalu bagimana cara melakukan update data dengan sql? simak penjelasaan nya

Perintah sql untuk update data

Seperti yang sudah dibahas diatas mengenai apa itu update data, sekarang yang kita bahas adalah printah sql untuk melakukan update data, coba perhatikan code sql dibawah ini:

maksud dari sql diatas adalah melakukan update pada nama tabel yang diingin kan, dan set merupakan column mana yang ingin diperbaharui data nya, column1 = ‘value1’ makudnya adalah nama kolom yang ingin di ubah kemudian value1 merupkan nilai terbaru yang ingin dimasukan kedalam kolom tersebut. Nah pada fungsi where adalah dimana nantinya data yang ingin di perbaharui  tentunya pada kolom yang memiliki atribut primary key. Jika sudah memahami perintah sql untuk melakukan update data selanjutnya, pengimplementasian nya dengan php, bagaimana cara melakukan update data dengan php? cara nya sebagai berikut.

Implementasi update data menggunakan php

untuk melakukan update data menggunakan php kita memerlukan database yang telah dibahas mengenai cara menampilkan data dari database dengan php dan kita juga akan melakukan sedikit perubahan pada halaman tampil data nya yang telah dibuat pada tutorial sebelum nya, perubahan yang dimaksud adalah menabahkan link untuk edit dan delete data disetiap baris data silahkan cek di cara menampilkan data dari database dengan php mengenai perubahan script nya, setelah anda melakukan perubahan pada halaman nya dan yang perlu anda garis bawahi adalah code dibawah ini:

Coba perhatikan setelah edit.php atau delete.php terdapat tanda ?nim itu merupakan paramater yang akan kita kirim nantinya ke halaman edit.php dengan method get, dimana parameter tersebut mengrimkan nilai primary key pada  yang telah diambil di database dimana pada pembahasan ini kita menggunakan nim sebagai primary key pada tabel data_mahasiswa. Setelah parameter nya dikirim kita lakukan script berikut pada edit.php namun jika belum dibuta silahkan buat terlebih dahlu edit.php dan letakkan pada folder yang sama degan tutorial sebelum nya, beikut script edit.php nya

Penjelasan

code diatas merupakan proses update data menggunakan php, ada beberapa hal penting pada script diatas diantaranya
script diatas melakukan pengecekan apakah paramater nim yang kita kirim dari halaman tampil ada atau tidak, jika ada masukan nilai dari parameter nim yang dikirimkan kedalam variabel $nim_update, selanjut nya melakukan mengambil data dari database sesuai dengan nilai $nim_update, dan setelah data diambil kemudian ditampung kedalam $data dalam bentuk array. Dimana nanti nya $data ini kita tampilkan di form, untuk mengisi value inputan. Untuk lebih jelasanya lihat code dibahawah ini dan perhatikan pada inputan yang ada elemen value nya.
Sekian pembahasan mengenai update data dengan php jika bingung silahkan tanyakan langsung dikomentar, dan jangan lupa selalu mengecek daftar isi dari serba ngoding untuk melihat pembaharuan tutorial. Dan untuk yang selanjut nya akan membahas tutorial mengenai delete data dengan php.
Posted in: php

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *